2081 Anak TK Ikuti Kegiatan Manasik Haji

Anak-anak TK Sangat Bergembira Dan Semangat Saat Menjalani Sejumlah Rangkaian Ibadah Haji, Diantaranya Saat Mengelilingi Ka'bah

Anak-anak TK Sangat Bergembira Dan Semangat Saat Menjalani Sejumlah Rangkaian Ibadah Haji, Diantaranya Saat Mengelilingi Ka'bah

DISKOMINFO PERSTIK, Sangatta – Anak merupakan calon generasi penerus bangsa di masa depan, tidak salah jika kepatuhan tentang keimanan mulai ditanamkan sejak dini melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti pengenalan ibadah haji.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Kutai Timur menggelar pengenalan ibadah haji taman kanak-kanak (TK) tahun 2017, di Masjid Agung Bukit Pelangi Sangatta, Rabu (6/9/17).

Asisten Administrasi Umum Yulianti yang mewakili Bupati Kutai Timur mengatakan, kegiatan keagamaan yang dilakukan sejak dini sangat bermanfaat untuk mensyiarkan syariat islam, membantu membentuk karakter bagi anak-anak, “Menjadikan keimanan tambah kuat, ibarat batu yang digores, membekas dan tidak mudah pudar,” tuturnya saat membuka acara tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur Akhmadi Baharuddin menjelaskan bahwa pengenalan ibadah haji ini merupakan kegiatan pembelajaran kontekstual untuk anak didik TK dan merupakan kegiatan rutin tahunan yang diharapkan menjadi basic pendidikan, “Kegiatan ini menjadi pondasi bagi anak dalam menetapkan prilaku yang baik sesuai dengan tuntunan agama, agar mereka memiliki akhlak yang baik” harapnya.

Kegiatan kali ini diikuti 2081 anak TK dari Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan yang melibatkan 258 pendamping yang terdiri dari guru dan komite, dengan tujuan menumbuhkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allat. SWT.

Bunda PAUD Kutim Encek UR Firgasih yang turut hadir dalam kegiatan ini berterima kasih kepada guru dalam memberikan pendidikan keislaman untuk anak-anak, “Melalui pendidikan usia dini ini dapat membentuk sikap, karakter, prilaku anak soleh yang penuh kasih sayang, menghormati orang tua dan guru, penghargaan setinggi-tingginya kepada stakeholder dan guru atas sumbangsih tenaga, pikiran dan waktu untuk anak didiknya” ujar bunda Encek yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur ini.

Kegiatan pengenalan ibadah haji pada anak TK ini dimulai pukul 08.43 Wita, nampak para pendamping mulai membariskan siswa siswi TK yang telah lengkap berpakaian ihram. Anak-anak terlihat gembira dan bersemangat saat melaksanakan sejumlah rangkaian ibadah haji seperti saat mengelilingi ka’bah, melontar jumroh, tahallul (memotong rambut) dan sejumlah rangkai haji lainnya.

Ketua Panitia Sri Yulianti berterima kasih kepada dinas pendidikan atas fasilitasinya, kepada sponsor PT. Kaltim Prima Coal (KPC) atas peran sertanya dalam mensukseskan kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat rutin terselenggara setiap tahunnya, “Kami berharap di tahun mendatang kegiatan ini dapat terus dilakukan dan menjadi kegiatan rutin,” kata Sri yang juga Wakil Ketua IGTKI Kutim ini.(TIM KOMINFO/Nzl)

Amb

learn n learn make n made it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =