Bupati Kutim Ismunandar Angkat Bendera Start Melepas Sebanyak 407 Peserta Pawai Ta’aruf MTQ ke – XIV Dilapangan Sepak Bola Kecamatan Karangan

YUDHA 2

407 Kafilah MTQ Ke – XIV Tumpah Ruah Turun Ke Ruas Jalanan Kecamatan Karangan Sukseskan Pawai Ta’aruf SEepanjang 2 KM
DISKOMINFO PERSTIK – SANGATTA . Badan jalan Poros A Yani Desa Karangan Ilir Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur, pada Minggu (16/4)  dipadati 407 peserta kafilah dari masing-masing perwakilan 18 kecamatan. Karena di hari pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke – XIV tahun 2018 diramaikan dengan parade iring-iringan konvoi pawai ta’aruf.
Sebanyak 407 Kafilah yang siap berpawai ta’aruf dilepas langsung oleh Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar, MT ditandai dengan pengangkatan bendera start.
Saat akan melepas peserta pawai ta’aruf Bupati didampingi Sekkab Kutim Drs.H.Irawansyah, M.Si, Kepala Kemenag Ambotang, Staf Ahli Didi Herdiansyah, Camat Karangan Suharman, dan perwakilan kepala OPD setkab Kutim serta manajemen perusahaan (stake – holder) maupun undangan lainnya.
Dalam sambutannya Bupati Ismunandar mengatakan rangkaian MTQ  ke – XIV  yang diselingi dengan parade pawai ta’aruf dapat memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat di Kecamatan Karangan. ” Yah kami berharap jalannya pawai dapat berlangsung dengan aman, lancar dan tertib,” tegasnya.
“Tentunya harapan kita semua dalam pelaksanaan MTQ yang ke XIV  di Karangan dapat dilaksanakan dengan spektakuler, gegap gempita, semarak dan meriah dengan nuansa Islami-nya,” ujar Ismunandar.
Masing masing peserta pawai ta’aruf membawa serta para pendukung (sporter) yang turut menyemangati berlangsungnya pawai. Setiap peserta konvoi melintas tak ayal “hoporia”, sorak Sorai dan tepuk tangan bergemuruh di sepanjang rute konvoi sepanjang 2 kilometer.
Yang mana perwakilan 18 kecamatan peserta yang mengikuti pawai ta’aruf  yang terdiri dari para kafilah meliputi  kalangan kelompok pengajian, ormas Islam, dan sekolah-sekolah di Kecamatan Karangan.
Derap langkah peserta karnaval pawai ta’aruf disertai dengan “yel-yel” tersendiri, sehingga atraksi pawai ta’aruf tampil kian memukau banyak mata yang menyaksikannya. Ditambah lagi dengan ornamen-ornamen hiasan, atribut, umbul-umbul, bendera, miniatur Ka’bah dan Al Qur’an.
Adapun lintasan yang dilalui iring-iringan pawai ta’aruf yaitu Lapangan Sepak Bola Jalan A Yani Karangan Ilir menuju perkampungan warga lanjut memutar dan kembal finish ke tempat start dimulai.
Sedangkan Ketua Ketua Tim Kerja MTQ Kabupaten Abdul Majid mengungkapkan walaupun rute terbilang singkat (pendek) pihak panitia turut berkoordinasi dengan Satlantas Polres Kutim dan Dishub dalam mengawal arak-arakan peserta pawai Ta’aruf.
Majid -akrab disapa menambahkan adapun peserta karnaval pawai ta’aruf selain perwakilan kafilah yang kebanyakan dari pelajar sekolah, majelis taklim serta perwakilan lainnya se-Kecamatan Karangan formasi pawai diperkuat dan didukung dengan OPD, dewan hakim, tim verifikasi dan tim kerja serta rombongan dari panitia pelaksana MTQ XIV yang turut berpartisipasi dalam menyemarakkannya
Jalannya pawai ta’aruf turut diperlombakan dan diberikan penilaian “Yang terdiri dari kategori terbaik 1, 2 dan 3,” jelas Majid.
Adapun penilaian pawai ta’aruf yang dinilai langsung oleh juri pawai terdiri dari Penilaian meliputi kreasi kostum, ketepatan waktu, dan tema. Nantinya panitia akan  memutuskan  yang terbaik mewakili Kutim pada MTQ tingkat provinsi Kaltim selanjutnya.( Tim Kominfo/aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *