Pertambangan

Batubara


     PT. Kaltim Prima Coal adalah produsen batu bara terbesar di Kutai Timur. Perusahaan juga memperoleh area konsesi pertambangan seluas 84.938 ha di Sangatta, Benyamin, dan Rantau Pulung, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Penambangan batu bara anak perusahaan Bumi Resources ini merupakan salah satu open pit mining terbesar di dunia.

Setiap hari, kegiatan di tambang ini melibatkan sembilan ekskavator penggali tanah dan 76 truk pengeruk batu bara. Bongkahan tanah dan batu yang harus dipindahkan serta batu bara diangkut oleh 200 dump trucks. Kapasitas angkut setiap dump truck 290 ton. Total kendaraan alat berat di KPC sekitar 2.560 unit.

Semua kendaraan berat ini dioperasikan para sopir Indonesia, di antaranya 25 penempuan. "Perempuan yang sudah menikah pun tetap dipercayakan untuk mengemudikan kendaraan selama mereka sehat bugar dan bersedia bekerja," kata koordinator pekerja di area tambang.

Saat kondisi alam mendukung, tidak ada hujan, iringan dump truck tampak bergerak indah. Setiap dump truck mampu mengangkat 290 ton beban. Di samping harga dump truck sekitar US$ 2 juta, biaya perawatan juga mahal. Satu ban dump truck dengan tinggi 3,4 meter itu sekitar US$ 50.000. Satu dump truck menggunakan enam ban.

Perkebunan
        Sektor Perkebunan Kelapa Sawit sekarang menjadi primadona bagi masyarakat Kutim, terutama para petani yang berada di pedalaman. Perkebunan kelapa sawit berkembang seiring dengan pertumbuhan koperasi yang terus menunjukkan kemajuan. Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat berasaskan kekeluargaan, tidak dapat dipandang remeh. Koperasi sebagai organisasi bisnis, dimiliki dan dioperasikan sekelompok orang demi kepentingan bersama.
     
    Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kutim mengungkapkan, luas perkebunan kelapa sawit saat ini telah mencapai sekitar 303.000 hektare.
     
    Selebihnya adalah pola kebun kemitraan mandiri yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Kutai Timur. Untuk meningkatkan kemampuan petani yang terlibat pola kemitraan mandiri diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak. Berkat kerja sama itulah mampu dicapai peningkatan kesejahteraan bagi petani melalui koperasi.
     
    "Pola kemitraan mandiri memiliki peran yang positif meningkatkan kemampuan petani rakyat. Bahkan pada tahun ketiga, dapat dihasilkan TBS (Tandan Buah Segar, Red) sawit untuk satu hektare mencapai 27 ton dalam setahun. Identifikasi hasil fisik perkebunan di Kutim sangat luar biasa. Sedangkan jumlah perusahaan perkebunan mencapai 111 unit, dan yang aktif sekitar 97 unit. Sisanya masih dalam proses sehingga tidak dihitung aktif optimal," jelas Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kutim.
    Pertanian
        Pemerintah Kabupaten Kutai timur telah merealisasikan komitmennya terhadap sektor pertanian khususnya tanaman pangan, yaitu dengan adanya perluasan lahan untuk tanaman tersebut. Namun demikian secara umum, penambahan lahan tersebut pada tahun 2018 belum diikuti dengan peningkatan produktivitas. Hal ini disebabkan karena berbagai hal diantaranya adalah kemampuan SDM dalam mengelola pengembangan lahan baru dan juga faktor alam.
      Pariwisata

      Ada beberapa destinasi favorit di Kutai Timur yang wajib dikunjungi, diantaranya :

      1. Wisata Budaya Desa Miau Baru


      2. Desa Pulau Miang


      3. Goa Karst Ampanas


      4. Taman Nasional Kutai


      KOMENTAR